"Implementasi Lab Maya dengan Metode Pembelajaran Discovery Learning - Inqury pada materi Fotosintesis"
I. Pendahuluan
Assalammualaikum wrwb . Alhamdulillah puji sukur kehadirat Allah Swt dan tak lupa salawat dan salam untuk Nabi besar kita Muhammad SAW. pada kesempatan Semangat berbagi dan berkolaborasi ini adalah merupakan tugas akhir dari Pembatik Level 4 yang akan memaparkan perjalanannya berdesiminasi kepada seluruh pemirsa dimanapun berada. desiminasi kali ini , saya mengetengahkan tentang manfaat portal Rumah Belajar. Portal rumah belajar merupakan merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisi lebih dari 12.934 materi belajar Portal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar yang lebih interaktif di kelas, peserta didik dan masyarakat luas.
Manfaat Menggunakan Fitur Rumah Belajar :
1. Menyediakan fasilitas belajar baik
bagi siswa maupun bagi guru
2. Memiliki berbagai media pembelajaran
(multimedia), teks, grafis, foto,
video, audio, dan animasi
3. Menyediakan kumpulan soal yang
lengkap baik untuk latihan maupun
try out ujian
4. Guru dapat memodifikasi dan
mereproduksi rancangan pembelajaran
dan materi pembelajaran
5. Siswa dapat mengembangan jaringan
komunikasi dan kreativitas
Nah!, berdasarkan manfaat menggunakan fitur rumah belajar inilah , saya mencoba "Mengimplementasikan Lab Maya dengan metode pembelajaran Discovery Learning - Inqury pada materi fotosintesis.Pembelajaran discovery learning - inquiry merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda,manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. Pembelajaran inkuiri menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Materi pelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran siswa dalam pembelajaran ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar.Dan tujuan akhir dan kegiatan pembelajaran IPA kelas VIII semester Ganjil pada Materi Fotosisntesis, diharapkan nantinya peserta didik mampu mencari dan menyelidiki peristiwa fotosintesis setelah melihat yang tidak nyata menjadi nyata peristiwa fotosisntesis tersebut di Lab maya berdasarkan kemauannya sendiri.jadi sepertinya,mengimplementasi kan lab maya dengan metode pembelajaran discovery learning - Inqury pada materi fotosintesis sangat sesuai dengan kondisi peserta didik yang lahir di era industri generasi Z bahkan generasi alpha.jadi tunggu apa lagi! Yuks Manfaatkan layanan yang disediakan oleh portal rumah belajar.
II. . Tindak Lanjud :
I!.1. Membuat Aksi Plan
II. 2. Melaksanakan Aksi Plan dimulai dengan memperkenalkan Portal Rumah Belajar kepada Peserta didik dengan mengimplementasikam Lab Maya pada materi Fotosintesis dengan menggunakan metode Discovery learning - Inquiry
Yuk!, kita tengok keseruan peserta didik SMPN 233 Jakarta bersama portal rumah belajar saat kbm berlangsung
III.Melaksanakan Diseminasi bersama rekan guru di SMPN 233 Jakarta
IV.Mengikuti Arahan /Bimbingan by Zoom Oleh Mentor DRB DKI
V. Melakukan Diseminasi ke sekolah lain di SMPN 258 Jakarta
Komentar
Posting Komentar