RPP yang menerapkan aplikasi TIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMPN 233 Jkt Mata Pelajaran : IPA Kelas / Semester : VII/ I Materipokok : Objek IPA dan Pengamatannya Alokasi Waktu : 15 X 40 Menit A. Tujuan Pembelajaran PertemuanPertama 1. Peserta Didik dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan. 2. Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA. 3. Peserta Didik dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA. Pertemuan Kedua 1. Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian pengukuran. 2. Peserta Didik dapat menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran). 3. Peserta Didik dapat membandingkan satuan baku dan tidak baku. PertemuanKetiga 1. Peserta Didik melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku. 2. Peserta Didik dapat memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran. 3. Peserta Didik dapat mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional). PertemuanKeempat 1. Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian besaran pokok. 2. Peserta Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya. 3. Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian besaran turunan. 4. Peserta Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya. PertemuanKelima 1. Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi,dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”. 2. Peserta Didik melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 3. Peserta Didik dapat melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. B. Media dan Sumber Belajar Media : WhatsApp, Youtube dan Google Form Sumber : 1. Bahan ajar 2. Widodo, W., Rachmadiarti, F., Hidayati, S.N. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. C. Langkah-langkah Pembelajaran PertemuanPertama (3 x 40 Menit) Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah Pembelajaran Waktu Pendahuluan 1. Guru menyampaikan salam dan meminta siswa mengisi daftar hadir melalui grup WhatsApp. 2. Guru memotivasi siswa. 3. Guru menstimulasi siswa dengan menyajikan sebuah gambar dan meminta siswa untuk menyebutkan ciri-ciri yang tampak dari gambar tersebut. 4. Guru menyampaikantujuanpembelajaran. 10 menit Inti Mengamati 1. Siswa diminta mengamati video yang disajikan. Menanya 1. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa “apa yang dimaksud penyelidikan dalam IPA?”, “apakah manfaat dari mempelajari IPA?”, “apa saja objek yang dipelajari dalam IPA?” Mengumpulkan Informasi 1. Siswa diminta menganalisis hasil pengamatan video yang telah disajikan dan membaca buku paket mengenai penyelidikan IPA. Mengasosiasi 1. Siswa diminta untuk menarik kesimpulan terkait penyelidikan, objek dan kegunaan IPA. Mengkomunikasikan 1. Guru meminta siswa mengemukakan hasil analisis video dan buku mengenai penyelidikan, objek dan kegunaan IPA. 100 menit Penutup 1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. 2. Guru memberikan penghargaan berupa point bagi siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran. 3. Guru memberikan tes tertulis/ kuis. 4. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu mengenai pengukuran. 10 menit PertemuanKedua (2 x 40 menit) Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah Pembelajaran Waktu Pendahuluan 1. Guru menyampaikan salam dan meminta siswa mengisi daftar hadir melalui grup WhatsApp. 2. Guru memotivasi siswa. 3. Guru mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. 4. Guru menstimulasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “apakah kalian pernah melakukan pengukuran?”, “apa yang kalian gunakan dalam melakukan pengukuran tersebut?, “apa yang kalian peroleh setelah melakukan pengukuran?” 5. Guru menyampaikantujuanpembelajaran. 10 menit Inti Mengamati 1. Siswa diminta mengamati video seseorang sedang melakukan pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku. Menanya 1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa “apakah hasil pengukuran dalam video tersebut memberikan hasil pengukuran yang sama pada setiap orang?” Mengumpulkan Informasi 1. Siswa diminta membaca materi mengenai pengukuran. Mengasosiasi 1. Siswa diminta untuk menarik kesimpulan terkait definisi pengukuran, besaran, satuan serta satuan baku dan tidak baku. Mengkomunikasikan 1. Guru meminta perwakilan salah satu siswa menyampaikan kesimpulan yang telah diperoleh dan siswa lainnya diminta untuk menanggapi. 60 menit Penutup 1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. 2. Guru memberikan penghargaan berupa point bagi siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran. 3. Guru memberikan tes tertulis/ kuis. 4. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu mengenai konversi satuan dalam pengukuran. 10 menit PertemuanKetiga (3 x 40 Menit) Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah Pembelajaran Waktu Pendahuluan 1. Guru menyampaikan salam dan meminta siswa mengisi daftar hadir melalui grup WhatsApp. 2. Guru memotivasi siswa. 3. Guru mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. 4. Guru menstimulasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “apakah kalian pernah mendengar satuan kilogram, gram, milimeter, megawatt?”, “apa yang kalian ketahui tentang satuan-satuan tersebut?” 5. Guru menyampaikantujuanpembelajaran. 10 menit Inti Mengamati 1. Siswa diminta mengamati video yang disajikan. Menanya 1. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada siswa “apa itu satuan internasional?”, “bagaimana cara melakukan konversi satuan?” Mengumpulkan Informasi 1. Siswa diminta menganalisis hasil pengamatan video yang telah disajikan dan membaca buku paket mengenai satuan internasional. Mengasosiasi 1. Siswa diminta untuk menarik kesimpulan terkait satuan internasional dan cara melakukan konversi satuan. Mengkomunikasikan 1. Guru meminta perwakilan salah satu siswa menyampaikan kesimpulan yang telah diperoleh dan siswa lainnya diminta untuk menanggapi. 100 menit Penutup 1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. 2. Guru memberikan penghargaan berupa point bagi siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran. 3. Guru memberikan tes tertulis/ kuis. 4. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu mengenai besaran pokok. 10 menit PertemuanKeempat (2 x 40 menit) Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah Pembelajaran Waktu Pendahuluan 1. Guru menyampaikan salam dan meminta siswa mengisi daftar hadir melalui grup WhatsApp. 2. Guru memotivasi siswa. 3. Guru mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. 4. Guru menstimulasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “apakah kalian pernah mendengar istilah besaran pokok?”, “apa yang kalian ketahui mengenai besaran pokok?” 5. Guru menyampaikantujuanpembelajaran. 10 menit Inti Mengamati 1. Siswa diminta mengamati video yang disajikan. Menanya 1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa “Ada berapa jenis besaran pokok?”, “apakah satuan untuk masing-masing besaran pokok tersebut?”, “apakah alat ukur untuk masing-masing besaran pokok tersebut?” Mengumpulkan Informasi 1. Siswa diminta membaca materi mengenai besaran pokok. Mengasosiasi 1. Siswa diminta untuk menarik kesimpulan terkait definisi besaran pokok, jenis besaran pokok dan satuan internasionalnya. Mengkomunikasikan 1. Guru meminta perwakilan salah satu siswa menyampaikan kesimpulan yang telah diperoleh dan siswa lainnya diminta untuk menanggapi. 60 menit Penutup 1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. 2. Guru memberikan penghargaan berupa point bagi siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran. 3. Guru memberikan tes tertulis/ kuis. 4. Guru menginformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu mengenai besaran turunan. 5. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari gambar dan cara penggunaan alat ukur yang digunakan untuk mengukur besaran. 10 menit PertemuanKelima (3 x 40 menit) Kegiatan Pembelajaran Langkah-langkah Pembelajaran Waktu Pendahuluan 1. Guru menyampaikan salam dan meminta siswa mengisi daftar hadir melalui grup WhatsApp. 2. Guru memotivasi siswa. 3. Guru mengaitkan materi pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari. 4. Guru menstimulasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “apakah kalian pernah mendengar istilah besaran turunan?”, “apa yang kalian ketahui mengenai besaran turunan?”, “apa saja yang termasuk ke dalam besaran turunan?” 5. Guru menyampaikantujuanpembelajaran. 10 menit Inti Mengamati 1. Siswa diminta mengamati video yang disajikan. Menanya 1. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa “Ada berapa jenis besaran turunan?”, “apakah satuan untuk masing-masing besaran turunan tersebut?”, “apakah alat ukur untuk masing-masing besaran turunan tersebut?” Mengumpulkan Informasi 1. Siswa diminta membaca materi mengenai besaran turunan. Mengasosiasi 1. Siswa diminta untuk menarik kesimpulan terkait definisi besaran turunan, jenis besaran turunan dan satuan internasionalnya. Mengkomunikasikan 1. Guru meminta perwakilan salah satu siswa menyampaikan kesimpulan yang telah diperoleh dan siswa lainnya diminta untuk menanggapi. 100 menit Penutup 1. Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran. 2. Guru memberikan penghargaan berupa point bagi siswa yang aktif selama kegiatan pembelajaran. 3. Guru memberikan tes tertulis/ kuis. 4. Guru menginformasikan ulangan akhir bab untuk pertemuan berikutnya. 10 menit D. Penilaian Hasil Pembelajaran 1. Penilaian Kompetensi Pengetahuan - Tertulis : tes berbentuk soal PG dan uraian. 2. Penilaian Kompetensi Keterampilan - Keaktifan partisipasi murid pada saat tanya jawab dan saat mengerjakan tugas. 15 , Juli 2020 Mengetahui, Kepala SMPN 233 Jkt Guru mata pelajaran IPA Dra. Tri Hastuti,MM Elly Faryuni,S.Pd NIP.196605021998032005 NIP.196506191990032004

Komentar

Postingan Populer